Kamis, 21 September 2017

rangkuman bela negara




Pentingnya Kesadaran Bela Negara



Bela negara adalah kegiatan yang secara tidak langsung termasuk dalam hak dan kewajiban. Jika orang selalu mengira bahwa bela negara adalah hanya tugas untuk TNI, hal itu adalah salah besar. Karena bela negara adalah tugas semua masyarakat Indonesia dalam  menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara.
Banyaknya pengaruh budaya barat yang telah merusak pemikiran-pemikiran anak muda Indonesia, hal ini dapat mengakibatkan suatu krisis multidimensi. Krisis seperti ini dapat menimbulkan suatu peluang munculnya disintegrasi bangsa. Tidak bisa dipungkiri lagi karena disintegrasi telah ada dan terjadi dibeberapa bagian di wilayah Indonesia.
Bela negara juga dapat dilakukan di dalam lingkungan yang kecil, seperti pada lingkungan keluarga, masyarakat lalu pada wilayah nasional. Hal itu kita dapat lakukan pada kehidupan sehari hari.
Pada lingkungan yang paling yaitu keluarga, stiap anggota keluarga memiliki peran dan tugas masing masing. Jika setiap anggota keluarga sudah menjalan hak dan kewajibannya, maka keluarga tersebut sudah melaksanakan bela negara dengan baik.
Lalu pada wilayah masyarakat, setiap masyarakat diwujudkan dalam kehidupan yang luas dengan taat pada hukum yang berlaku dan mengetahui dan melaksanakan hak dan kewajiban masing masing.
Wilayah yang lebih besar lagi adalah nasional, setiap warga negara dapat hidup bersatu rukun dalam perbedaan yang ada, maju dan sejahtera selaras, serasi dan seimbang serta mempunyai daya tangkal terhadap penetrasi budaya yang tidak sesuai dengan budaya bangsa.
Jika kita sudah memulai dari hal kecil, maka kita juga dapat melakukan dalam lingkungan yang luas lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar